Baca Berita

Diskominfo Gelar Forum Konsultasi Publik, Perkuat Peran sebagai Pusat Informasi Daerah

Oleh : | 18 Desember 2025 | Dibaca : 31 Pengunjung

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Standar Pelayanan, sebagai upaya memperkuat kualitas layanan informasi publik yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, bertempat di Aula Diskominfo, Rabu (17/12/2025).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem, Ida Nyoman Astawa, S.STP., M.A.P., dalam sambutannya menegaskan bahwa forum konsultasi publik merupakan ruang strategis untuk menyerap masukan dari pemangku kepentingan sekaligus menyempurnakan standar pelayanan Diskominfo di tengah percepatan transformasi digital.

Dalam forum tersebut, berbagai masukan konstruktif disampaikan oleh perwakilan media, OPD, instansi vertikal, serta Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Perwakilan Tribun menekankan pentingnya peran Diskominfo dalam mengelola isu publik, khususnya dengan mengcounter isu negatif melalui publikasi pemberitaan di media mainstream. Selain itu, Diskominfo diharapkan dapat berperan sebagai pusat informasi daerah dengan menyalurkan rilis pemberitaan dari setiap OPD kepada media.

Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan perlunya pembaruan layanan dan informasi Diskominfo secara berkelanjutan melalui media sosial resmi agar informasi publik semakin mudah diakses masyarakat.

Sementara itu, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) menyoroti pentingnya konsistensi pembaruan informasi pada website resmi Diskominfo. Meskipun pola konsumsi informasi masyarakat kini banyak bergeser ke media sosial, website tetap dipandang sebagai rujukan utama informasi resmi pemerintahan.

Masukan juga disampaikan oleh KIM Desa Bebandem, yang memohon fasilitasi aplikasi untuk menyampaikan informasi bahwa desanya telah masuk sebagai desa digital. Selain itu, diusulkan adanya pengaturan pemasangan kabel telekomunikasi dengan konsep satu tiang bersama guna menghindari kesan semrawut.

Adapun KIM Tegallinggah menekankan perlunya peningkatan kecepatan server website Diskominfo, pembaruan data kepegawaian dan data Pemerintah Kabupaten Karangasem, serta optimalisasi pemanfaatan media sosial yang sedang digandrungi masyarakat.

Melalui Forum Konsultasi Publik ini, Diskominfo Kabupaten Karangasem menegaskan komitmennya untuk menindaklanjuti seluruh masukan sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan komunikasi dan informatika, sekaligus memperkuat peran Diskominfo sebagai simpul utama informasi publik daerah.(Diskominfo)


Oleh : | 18 Desember 2025 | Dibaca : 31 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Karangasem


Ida Nyoman Astawa, S.STP., M.A.P.
NIP. 197709031996121001
Waktu Pelayanan
Hari Senin-Kamis: Jam 07.30-15.00 wita
Hari Jumat: Jam 7.30-13.00 wita
Kritik Saran
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Diskominfo?
Statistik

Total Hits : 3170624

Pengunjung Online: 1