Baca Berita

Interaktif Radio "Gagal Ginjal Akut pada Anak"

Oleh : | 16 November 2022 | Dibaca : 185 Pengunjung

Hari ini Rabu(16/11/22), Diskominfo melaksanakan Interaktif Radio di RGS FM Amlapura, bersama narasumber dari Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Karangasem. Topik yang diangkat pada interaktif kali ini adalah "Pencegahan dan Penanggulangan Gagal Ginjal Akut pada Anak". 

Dari Dinas Kesehatan hadir Bapak I Ketut Subawa, SH., MAP yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Upaya Kesehatan, dan dari RSUD hadir Ibu dr. Ni Wayan Kurnia Wati,M,Biomed,Sp.A, yang merupakan dokter spesialis anak di RSUD Karangasem.

Dokter Kurnia menekankan agar kita mewaspadai apabila anak mengalami gejala yang mengarah kepada gagal ginjal akut, seperti ada diare, mual, muntah, deman, batuk, pilek serta jumlah air seni/ buang air kecil semakin sedikit bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali. Ketut Subawa menambahkan agar dalam lingkungan keluarga selalu melaksanakan pola makan dan pola hidup sehat. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, bahan penyedap, pewarna dan sejenisnya, yang seringkali cepat memicu anak menjadi sakit. Karena bila stamina anak menurun, penyakit apapun akan mudah datang, sambungnya.

Dinas Kesehatan juga telah melakukan gerakan sosialisasi melalui pos pelayanan kesehatan yang ada di desa/kelurahan, agar masyarakat semakin tahu dan bisa mencegah penyakit gagal ginjal pada anak ini. Dinkes juga bersama tim tetap mengadakan pengawasan terhadap apotik-apotik dan toko obat, agar menyediakan obat-obat yang direkomendasikan oleh pemerintah. (Ayu/Diskominfo)


Oleh : | 16 November 2022 | Dibaca : 185 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Karangasem


Artha Negara, S.STP., MAP
NIP. 19820722 200012 1 001
Waktu Pelayanan
Hari Senin-Kamis: Jam 07.30-15.00 wita
Hari Jumat: Jam 7.30-13.00 wita
Kritik Saran
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Diskominfo?
Statistik

Total Hits : 2025862

Pengunjung Online: 4