Baca Berita

Diskominfo adakan pelatihan Penguatan Kapasitas KIM sebagai Agen Informasi

Oleh : | 15 September 2021 | Dibaca : 119 Pengunjung

Dinas Komunikasi dan Informatika  (Diskominfo) Kabupaten Karangasem mengadakan pelatihahan Penguatan Kapasitas  Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)sebagai Agen Informasisecara virtual yang diikuti oleh anggota KIM yang ada di desa-desa se-Kabupaten Karangasem, Selasa (14/9/2021).

Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik, I Gede Sutharjana, S.Sos.,M.Si. dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya kegiatan pelatihan KIM saat ini guna membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, keterampilan yang bermanfaat bagi segala aspek pembangunan kepada KIM. Dengan pemberdayaan KIM di daerah sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat dapat berdaya, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan di masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karangasem yang dibacakan oleh Sekretaris Diskominfo, Made Sujana, S.Sos., MAP menyampaikan mengapresiasi kegiatan pelatihan Penguatan Kapasitas  Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)sebagai Agen Informasi. Saat ini, perkembangan media massa di Indonesia sangat beragam, namun belum semua masyarakat berkesempatan mengaksesnya karena sejumlah kendala. Misalnya karena alasan ekonomi, tempat tinggal atau karena hambatan lainnya. Masyarakat pun tidak semuanya bisa mengatasi masalahnya sendiri. Mereka memiliki kebutuhan kelompok untuk saling bertukar informasi terhadap gagasan dan solusi.Bagi pemerintah, sampainya informasi secara cepat dan tepat kepada masyarakat luas menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendorong keberhasilan program-program yang sedang dijalankan.Pemerintah sangat membutuhkan mitra kerja sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan masyarakat melalui KIM.

Lebihlanjut dikatakan, Karena keberadaan KIM itu sendiri dilatarbelakangi oleh kehidupan masyarakat yang beragam sehingga melahirkan pula keragaman aktifitas antara lain sebagai penggerak UKM dan ekonomi mikro, sebagai motor penggerak dalam mitigasi bencana, memajukan budaya lokal dan tradisional serta dalam memajukan pertanian dan perikanan, maka KIM sangat diperlukan keberadaannya untuk meningkatkan informasi pada masyarakat, dan melalui pelatihan ini diharapkan KIMtidak hanya hitam di atas putih dalam SK Perbekel/Lurah tetapi sangat berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi bermanfaat bagi masyarakat.

Hadir sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan, Ni Made Dwindahari, SKM., MAP yang memaparkan bahwa di masa pandemi Covid-19 diharapkan kepada peserta virtual KIM  dapat menyebarluaskan informasi vaksin kepada masyarakat sehingga masyarakat yang belum divaksin untuk segera melaksanakan vaksin ke pos-pos vaksinasi yang sudah disiapkan di masing-masing Kecamatan. Selanjutnya dari Diskominfo, Leoni Wahyu Saputri, S.Kom menyampaikan diharapkan kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoax karena dapat terancam UU ITE yang hukumannya cukup berat, kalau bisa sebelum share informasi dikaji dulu kebenarannya sehingga kita bisa cerdas dalam bermedia sosial. (Wijaya/Diskominfo)


Oleh : | 15 September 2021 | Dibaca : 119 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Karangasem


Ir. Gde Ngurah Yudiantara, MM
196309291989031016
Banner
Kritik Saran
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Diskominfo?
Statistik

Total Hits : 1575028

Pengunjung Online: 1