Baca Berita

Kadis Kominfo Ikuti Rakernas Percepatan Transformasi Digital Melalui Literasi Digital

Oleh : | 24 Februari 2021 | Dibaca : 98 Pengunjung

Kepala Diskominfo Kabupaten Karangasem I Komang Daging mendampingi Plh. Bupati Karangasem Sedana Merta mengikuti Rakernas Akselerasi Transformasi Digital Pengembangan SDM Melalui Literasi Digital yang dilakukan secara virtual menggunakan Zoom Meeting di Ruang KMC Kabupaten Karangasem, Rabu (24/2/2021). Rakernas diselenggarakan atas kerjasama Kemendagri, Kemenkominfo dan Siberkreasi dengan tujuan penyiapan SDM talenta di Bidang Digital melalui Program Nasional Literasi Digital.
Mendukung percepatan transformasi digital, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Semuel A. Pangerapan, menjelaskan, Kemenkominfo dan Kemendagri bekerjasama mengadakan program pelatihan dengan kolaborasi dengan Pemda setempat, dimana biaya akan disediakan dari pusat termasuk narasumber, dan produksi online. Sedangkan Pemerintah Daerah diminta untuk menyiapkan audience/peserta dan fasilitas live streaming.
“Dengan adanya program literasi digital kepada masyarakat diharapkan dapat mengurangi penyebaran konten negatif di dunia maya”, ungkap Semuel.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur digital saja tidak cukup, dimana sangat perlu diimbangi dengan pengembangan SDM. Untuk itu, Gerakan Nasional Literasi Digital yang dimulai sejak 2017 diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat sehingga dapat mewujudkan percepatan transformasi digital.
Disinggung mengenai infrastruktur, Johnny G. Plate mengatakan agar masyarakat bersabar, Kementerian Kominfo bersama rekan kementerian lainnya sedang berproses dan bekerjasama untuk meningkatkan infrastruktur digital agar terbangun merata ke seluruh negeri.
Sementara itu, Sri Purwaningsih, SH., MAP selaku Plh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri menjelaskan, peran Pemda dalam mendukung Transformasi digital yaitu dengan memfasilitasi literasi digital bagi masyarakat.
Ditambahkan Sri Purwaningsih, literasi digital bukan hanya sekedar kemampuan mencari, menggunakan dan menyebarkan informasi. Akan tetapi diperlukan kemampuan dalam membuat informasi dan evaluasi kritis, ketepatan aplikasi yang digunakan dan pemahaman mendalam dari isi informasi yang terkandung dalam konten tersebut.
“Termasuk juga tanggung jawab dari setiap penyebaran informasi yang dilakukan karena menyangkut dampaknya terhadap masyarakat” ucap Sri Purwaningsih. (LWS/Diskominfo)


Oleh : | 24 Februari 2021 | Dibaca : 98 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Karangasem


I Komang Daging, S.Sos, M.Si
NIP. 19651023 198602 1 002
Banner
Kritik Saran
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Diskominfo?
Statistik

Total Hits : 1508726

Pengunjung Online: 1