Baca Berita

Dispustaka Promosikan Game Tumbuhkan Minat Baca Melalui Siaran Radio Interaktif Diskominfo

Oleh : | 17 September 2019 | Dibaca : 27 Pengunjung

Diskominfo Karangasem mengundang Kepala Dispustaka Karangasem Drs. I Wayan Astika, M.Si didampingi pustakawan Drs. I Komang Pasek Antara sebagai narasumber dialog interaktif yang diselenggarakan di Radio SWiB fm Amlapura, Selasa (17/09/2019). September adalah bulan gemar membaca, dimana Dispustaka Karangasem melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan pelajar se Kabupaten Karangasem untuk menumbuhkan minat baca, salah satunya adalah Game Literasi.

Astika menyampaikan, game literasi adalah sebuah media dimana peserta dituntut untuk membaca sebuah buku yang tersedia di perpustakaan daerah kemudian menuangkannya dalam bentuk kreativitas masing-masing, apakah itu puisi, resume dan lain sebagainya.

Astika mengungkapkan, rendahnya budaya literasi atau rendahnya minat baca di kalangan masyarakat diduga menjadi penyebab dari segi pertumbuhan ekonomi yang juga termasuk lambat.

Sementara itu, Pustakawan Drs. I Komang Pasek Antara mengatakan, hasil penelitian Unesco tahun 2012 mengenai minat baca penduduk Indonesia, diketahui indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya berada di angka 0,001. ‘’Data itu menunjukkan bahwa dari 1.000 penduduk, hanya satu orang yang mau membaca buku dengan serius,’’ ujarnya prihatin.

Ditanya mengenai kelengkapan koleksi perpustakaan daerah, Pasek Antara menanggapi bahwa pihaknya telah berupaya untuk menambah koleksi buku, baik pengadaan, bantuan dari perpustakaan nasional, bantuan dari penggiat literasi dan tidak menutup kemungkinan menerima bantuan buku dari masyarakat yang ingin menyumbang.

Pasek Antara menambahkan, di Perpustakaan Daerah Karangasem juga telah melestarikan dan menyimpan serta merawat naskah kuno atau lontar yang bekerja sama dengan Museum Pustaka Lontar Bali milik Desa Adat Dukuh Penaban, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Karangasem.

Melalui kesempatan ini, dirinya mengajak seluruh warga masyarakat Karangsem untuk berkunjung ke perpustakaan, karena dari perpustakaan bisa mengedukasi sehingga meningkatkan ilmu pengetahuan yang nantinya berpengaruh terhadap perekonomian.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan Dispustaka Karangasem yakni Lomba Menulis Puisi tk. SMP se-Kab. Karangasem, Rabu, 18 September 2019, Lomba membuat Poster tingkat SMA/SMK/MA se-Kab. Karangasem, Rabu, 18 September 2019, Pameran Buku, tgl 18-20 September 2019, Rembug Literasi Karangasem se-Kab. Karangasem, Kamis, 19 September 2019, Lomba Mewarnai Gambar anak-anak tingkat TK/Paud se-Kota Amlapura, Jumat, 20 September 2019. Lomba Menggambar anak-anak tk. SD se-Kota Amlapura, 20 September 2019 dan Game Literasi, Jumat 20 September 2019. (Diskominfo Karangasem)


Oleh : | 17 September 2019 | Dibaca : 27 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Karangasem


I Komang Daging, S.Sos, M.Si
NIP. 19651023 198602 1 002
Banner
Kritik Saran
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Website Diskominfo?
Statistik

Total Hits : 1317480

Pengunjung Online: 4